Penerapan Pendidikan Inklusi Berbasis Kontekstual Di Sekolah Dasar
Main Author: | Suwandayani, Beti Istanti |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surabaya
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/44944/18/Peer%20Review%20-%20Suwandayani%20-%20Pendidikan%20Inklusi%20Kontekstual%20Sekolah%20Dasar.pdf http://eprints.umm.ac.id/44944/19/Similarity%20-%20Suwandayani%20-%20Pendidikan%20Inklusi%20Kontekstual%20Sekolah%20Dasar.pdf http://eprints.umm.ac.id/44944/20/Suwandayani%20-%20Pendidikan%20Inklusi%20Kontekstual%20Sekolah%20Dasar.pdf http://eprints.umm.ac.id/44944/ http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/2490 |
Daftar Isi:
- Education for All adalah gerakan global yang dipimpin o leh UNESCO tanpa mendiskriminasikan perbedaan. Tujuan penelitian in i adalah untuk mendeskripsikan pelaksananan pendidikan inklusi berbasis kontekstual, faktor pendukung dan faktor penghambat serta upaya yang dilakukan untuk mengantasi faktor pengambat. Metode yang digunakan dalam penelitian in i adalah jenis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan doku mentasi. Hasil yang dihasilkan adalah penerapan pendidikan in klusi telah dilaksanakan di sekolah dasar Kota Batu dengan mengawali asesmen sebagai acuan dalam penyusunan program pembelajaran individual berbasis kontekstual. Faktor pendukung adalah kerja sama yang baik antara kepala sekolah, guru, orang tua dan anak reguler dalam mendukung tumbuh kembang anak berkebutuhan khusus. Faktor penghambatnya adalah belum maksimalnya sarana prasarana di sekolah tersebut, serta informasi yang tepat dalam pelaksanaan pendidikan inklusi. Upaya yang dilaku kan adalah mendukung stakeholder untuk mengikuti seminar, pelatihan dan workshop terkait pendidikan inklusi.