PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONBILITY (CSR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PADA BADAN USAHA MILIK NEGARA (BUMN) YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2013-2014)

Main Author: Anggraeni, Lilva Puspita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/44924/1/jiptummpp-gdl-lilvapuspi-43202-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/44924/2/jiptummpp-gdl-lilvapuspi-43202-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/44924/3/jiptummpp-gdl-lilvapuspi-43202-3-babii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/44924/4/jiptummpp-gdl-lilvapuspi-43202-4-babiii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/44924/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini untuk menelaah pengaruh pengungkapan corporate social responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang terdaftar di BEI tahun 2013-2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pengungkapan CSR tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hal ini dikarenakan Para investor di Indonesia cenderung membeli dan menjual saham secara harian (daily trader) tanpa memperhatikan keberlangsungan perusahaan dalam jangka panjang. Sedangkan pengungkapan CSR adalah strategi jangka panjang yang dilakukan oleh perusahaan dan dampak dari penerapan CSR tidak dapat langsung dirasakan dalam jangka pendek. Rata-rata pengungkapan pada ketiga tema pengungkapan yang menggunakan indikator Tripple Bottom Line Reporting yakni tema kemasyarakatan, ketenagakerjaan dan lingkungan masih dibawah 70%.