Literasi Numerasi Di SD Muhammadiyah
Main Authors: | Ekowati, Dyah Worowirastri, Astuti, Yuni Puji, Utami, Ima Wahyu Putri, Mukhlishina, Innany, Suwandayani, Beti Istanti |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surabaya
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/44881/37/Per%20Review%20-%20Ekowati%20-%20Program%20Literasi%20Numerasi%20Sekolah%20Dasar.pdf http://eprints.umm.ac.id/44881/20/Peer%20Review%20-%20Suwandayani%20-%20Program%20Literasi%20Numerasi%20Sekolah%20Dasar.pdf http://eprints.umm.ac.id/44881/21/Similarity%20-%20Ekowati%20Astuti%20Utami%20Mukhlishina%20Suwandayani%20-%20Program%20Literasi%20Numerasi%20Sekolah%20Dasar.pdf http://eprints.umm.ac.id/44881/22/Ekowati%20Astuti%20Utami%20Mukhlishina%20Suwandayani%20-%20Program%20Literasi%20Numerasi%20Sekolah%20Dasar.pdf http://eprints.umm.ac.id/44881/ http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/2541 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian in i untuk mendeskripsikan (1) rancangan program literasi nu merasi, (2) pelaksanaan program literasi numerasi, (3) upaya dalam mengatasi kendala pelaksanaan program literasi nu merasi, (4) faktor pendukung dan (5) faktor penghambat pelaksaan program literasi nu merasi. Jenis penelitian ini adalah deskripsif kualitatif. Hasil penelitian yaitu (1) rancangan literasi numerasi di SD Muhammad iyah 1 Kota Malang secara umum belum terprogram dan secara khusus menyesuaikan materi literasi nu merasi pada pembelajaran matematika dan tema pada pembelajaran tematik kurikulu m 2013. (2) Pelaksanaan program literasi nu merasi telah sesuai dengan tiga tahapan program literasi sekolah yakni tahap pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran, serta sesuai dengan lima indikator literasi nu merasi. (3) Upaya yang dilaku kan dalam mengatasi kendala program literasi numerasi telah beracuan pada tujuan umumliterasi di sekolah. (4) Faktor pendukung terdiri dari pemerintah dan sasaran program literasi numerasi. (5) Faktor penghambat beracuan pada tiga sasaran literasi nu merasi. Sasaran literasi numerasi terdiri dari basis kelas, budaya sekolah, dan masyarakat.