Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara menerapkan metode pembelajaran shalat pada anak usia dini untuk meningkatkan perkembangan potensi dan mempersiapkan, melatih dalam melaksanakan tugas dan kewajiban kepada Allah SWT ketika anak didik telah menjelang baligh, mengetahui implementaasi metode pembelajaran shalat bagi anak usia dini di Raudhatul Athfal Tarbiyatush Shibyan Malang, dan mendeskripsikan hasil implementasi metode pembelajaran shalat bagi anak usia dini di Raudhatul Athfal Tarbiyatush Shibyan Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan cara mendeskripsikan peristiwa alamiah yang ada di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan subyek penelitian yaitu Kepala Sekolah, Guru Kelas B, Anak Didik. Penelitian ini memfokuskan pada batasan istilah dengan tujuan tersusun rapi dan fokus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran shalat anak usia dini Raudhatul Athfal Tarbiyatush Shibyan Malang dapat mengikuti pembelajaran dan menerima yang disampaikan oleh guru, tetapi dalam pelaksanaan praktek shalat belum berjalan dengan baik. Karena anak didik masih sering bergurau dengan teman sebelahnya. Metode shalat yang digunakan hanya melalui bercerita, gambar, contoh dari guru, setelah dipraktekkan langsung di dalam masjid sekolah. Jadi belum ada metode khusus untuk pembelajaran shalat di Raudhatul Athfal Tarbiyatush Shibyan Malang.