Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengajarkan materi PAI dan Budi Pekerti untuk siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusif SMPN 18 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Obyek penelitian ini adalah siswa berkebutuhan khusus di SMPN 18 Malang. Pemilihan sekolah SMPN 18 Malang sebagai tempat penelitian didasarkan pada sistem pendidikan sekolah tersebut yang tidak hanya memberi pendidikan terhadap anak normal saja, tetapi juga kepada anak berkebutuhan khusus. Hal ini merupakan sesuatu yang baik, karena sekolah SMPN 18 Malang telah mengakomodasi pendidikan dengan siswa yang beragam. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data menggunakan model trianggulasi data kualitatif. Hasil dari penelitian yakni mengenai 1. strategi guru yang digunakan untuk mengajarkan materi PAI dan Budi Pekerti untuk siswa berkebutuhan khusus yakni dengan cara adaptasi (menyesuaikan), simplifikasi (menyederhanakan), Subtitusi (mengganti), adisi (menambahkan), omisi (menghilangkan); 2. Kendala-kendala yang dihadapi guru dalam mengajarkan materi PAI dan Budi Pekerti yakni perlunya inovasi dalam memilih strategi pembelajaran serta perlunya tenaga ekstra dalam mengajarkan materi.