KOMODIFIKASI BAHASA DAERAH DALAM MEDIA MASSA TELEVISI ( Studi Penggunaan Bahasa Jawa Pada Tayangan Berita Pojok Kampung JTV Surabaya )

Main Author: SORYANI, ADE IRMA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/44213/1/jiptummpp-gdl-adeirmasor-48258-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/44213/2/jiptummpp-gdl-adeirmasor-48258-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/44213/3/jiptummpp-gdl-adeirmasor-48258-3-babii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/44213/4/jiptummpp-gdl-adeirmasor-48258-4-babiii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/44213/
Daftar Isi:
  • Pojok Kampung yang merupakan salah satu program berita berbahasa daerah yaitu Bahasa Jawa, program ini merupakan satu diantara program JTV yang diminati oleh masyarakat jawa. Pojok Kampung adalah program yang mengemas berita seputar wilayah jawa timur. Meningkatkan identitas lokal bagi daerah tidak lagi menjadi landasan bagi terbentukya televise lokal, para pemilik industri media massa telah merubah nilai dan fungsi bahasa daerah menjadi salah satu komoditi pasar. Komodifikasi mendiskripsikan bagaimana kapitalisme melancarkan tujuannya dan bagaimana nilai guna menjadi nilai tukar. Dalam proses komodifikasi ini, sesuatu diproduksi bukan terutama atas dasar nilai guna, tetapi lebih pada nilai tukar. Artinya sesuatu di produksi bukan semata-mata memiliki kegunaan bagi khalayak, tetapi lebih karena sesuatu itu bisa dipertukarakan di pasar. Dengan demikian orientasi produksi bukan untuk memenuhi kebutuhan objektif masyarakat tetapi lebih mendorong akumulasi modal. Penelitian ini menggunakan Analisis Wacana Kritis (Critical Discourse Analysis) Komodifikasi Budaya, yaitu Bahasa dalam televise. Analisa Wacana Kritis model Norman Fairclough. Analisa wacana kritis Fairclough dilakukan dalam tiga tahap yaitu analisis teks, praktik wacana, dan praktik sosiolkultural. Berdasarkan penemuan dari analisis program acara berita Pojok Kampung JTV Surabaya menunjukkan bahwa: (1). Terjadi komodifikasi isi pada tayangan PojokKampung JTV Surabaya. (2). Komodifikasi isi terjadi melalui proses penyampaian dan penyesuaian isi berita. (3). Ideologi dibalik proses komodifikasi adalah ideologi kapitalis. (4). Kekuasaan dibalik komodifikasi adalah kekuasaan pasar. Penelitian ini mempunyai implikasi teoretis dan praktis .hasil studi ini akan memperkaya teori komodifikasi dan teori ekonomi politik media secara umum. Komodifikasi mengindikasikan bahwa program TV publik tidak hanya berorientasi pada kepentingan masyarakat tapi juga kepentingan pasar.