POLA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERBASIS KELUARGA DI DESA MATUA KECAMATAN WOJA KABUPATEN DOMPU
Main Author: | I C H R A M, I C H R A M |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/44105/1/jiptummpp-gdl-ichram-47386-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/44105/2/jiptummpp-gdl-ichram-47386-2-bab1.pdf http://eprints.umm.ac.id/44105/3/jiptummpp-gdl-ichram-47386-3-bab2.pdf http://eprints.umm.ac.id/44105/4/jiptummpp-gdl-ichram-47386-4-bab3.pdf http://eprints.umm.ac.id/44105/ |
Daftar Isi:
- Pengembangan dan pendidikan anak usia dini merupakan investasi yang strategis dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Keluarga sebagai lembaga pendidikan yang pertama dan utama bagi anak sangat potensial untuk mendukung proses tumbuh kembang anak sejak usia dini. Kenyataan yang dijumpai di masyarakat, masih banyak keluarga yang belum memahami peran penting tersebut. Oleh karena itu, diperlukan adanya kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan keluarga agar mereka dapat memberikan dukungan kepada anak usia dini secara lebih optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola pendidikan anak usia dini berbasis keluarga di Desa Matua Kecamatan Woja Kabupaten Dompu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori dari Ki Hajar Dewantara keluarga memiliki peran yang sangat menentukan bagi perkembangan anak, terutama pada masa awal atau usia dini dimana pada masa ini anak sangat mudah menerima pengaruh dari lingkungan. Pada masa ini anak masih belum memiliki budi pekerti tertentu, belum memiliki bentuk jiwa yang tetap dan masih bersifat global. Anak masih mudah menerima pengaruh dari lingkungan. Interkasi antara pengaruh dengan dasar pembawaan anak inilah yang akan membentuk dasar perkembangan anak. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Peneliti menggunakan teknik total sample. Adapun teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah angket. Sedangkan teknik analisa data peneliti menggunakan analisis kualitatif dengan jenis deskriptif dengan menggunakan prosentase dan teknik intervensi. Berdasarkan hasil penelitian Pola pendidikan anak usia dini berbasis keluarga di Desa Matua Kec. Woja Dompu sudah dilaksanakan namun masih banyak yang perlu di tingkatkan yaitu mengoptimlkan semua program yang sudah dibuat untuk dilaksanakan di rumah oleh orang tua. Pelaksanaan program parenting di PAUD Nurul Asri dapat membantu pengasuhan orang tua di rumah. Dalam setiap kegiatan parenting yang dilaksanakan terlihat peningkatan jumlah orang tua dalam setiap penyelenggaraan yang dilakukan di PAUD Nurul Asri. Hal ini menunjukkan bahwa penyelenggaraan yang dilakukan diminati oleh orang tua dalam setiap penyelenggaraannya..