HUBUNGAN KEBUTUHAN AFILIASI DENGAN PENGUNGKAPAN DIRI PADA PENGGUNA MEDIA SOSIAL
Main Author: | Minanti, Ridha Dwita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/44048/1/jiptummpp-gdl-ridhadwita-50520-1-hubungan-l.pdf http://eprints.umm.ac.id/44048/ |
Daftar Isi:
- Pengungkapan diri yang dilakukan hampir pada setiap orang. Pengungkapan diri dapat dilakukan dengan berinterkasi secara langsung dengan individu lain maupun melalui media sosial. Pengungkapan diri pada media sosial, untuk membangun hubungan yang baru dengan individu lain atau mempertahankan relasi interpersonal dengan individu lain. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kebutuhan afiliasi dengan pengungkapan diri pada pengguna media sosial. Jenis penelitian ini adalah korelasional, sehingga menggunakan teknik sampling purposive. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan SPSS yaitu product moment. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala adaptasi dari Effendy (2014). Hasil dari penelitian yang telah dilakukan dengan subjek sebanyak 327, menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat signifikan antara kebutuhan afiliasi dengan pengungkapan diri (r = 0,530 ; p = 0,000 (p<0,01). Sehingga dapat disimpulkan semakin tinggi kebutuhan afiliasi maka semakin tinggi pengungkapan diri pada media sosial dan sebaliknya semakin renadah kebutuhan afiliasi, maka semakin rendah pengungkapan diri pada media sosial.