PERMAINAN BOY-BOYAN UNTUK MENINGKATKAN TINGKAT MORAL SISWA SEKOLAH DASAR

Main Author: Syahrani, Icha
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/44027/1/jiptummpp-gdl-ichasyahra-50549-1-permaina-a.pdf
http://eprints.umm.ac.id/44027/
Daftar Isi:
  • Pentingnya pembelajaran moral pada anak adalah bagaimana seorang anak bisa memahami konsep benar dan salah serta memiliki kemampuan untuk mengatur perilaku. Hal ini berhubungan dengan perubahan kematangan penalaran, perasaan dan perilaku yang bersifat progresif dan sistematis melalui beberapa tahapan usia yang akan menghasilkan kemampuan dalam mengatur perilaku yang tepat dalam melakukan interaksi di lingkungan. Salah satu media yang dapat digunakan adalah permainan tradisional boy-boyan yang bersifat kompetitif dan memiliki aturanaturan sederhana yang bersifat timbal balik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh permainan boy-boyan terhadap tingkat moral pada siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 10 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 10 siswa sebagai kelompok kontrol dengan teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala moral dengan jumlah 21 item. Hasil penelitian menggunakan uji independent sample ttest. Hasil menunjukkan terdapat perbedaan skor moral yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sesudah diberikan permainan boyboyan dengan nilai p<0,05 (p=0,026). Hal ini menunjukkan bahwa permainan boy-boyan dapat digunakan sebagai media pembelajaran moral siswa SD.