KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
Main Author: | Primas, Rizky Dhania |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/43996/1/jiptummpp-gdl-rizkydhani-51409-1-skriipsi.pdf http://eprints.umm.ac.id/43996/ |
Daftar Isi:
- Disiplin belajar dapat diartikan sebagai proses atau usaha siswa yang dilakukan untuk memperoleh perubahan tingkah laku dengan melaksanakan kewajiban belajar secara sadar. Tema ini menarik untuk dibahas ketika subjek penelitian adalah anak-anak khususnya pada masa operasional konkrit, dimana anak-anak pada masa ini masih belum memahami tentang pentingnya kedisiplinan. Kurangnya disiplin belajar dapat diatasi, salah satunya dengan pemberian konseling kelompok. Konseling kelompok berdasarkan metodenya dinilai erat kaitannya dengan faktor yang dapat meningkatkan disiplin belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan efektivitas konseling kelompok terhadap peningkatan disiplin belajar pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain one group pre-test post test. Hasil penelitian yang telah dianalisis menggunakan SPSS 21 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan terhadap tingkat disiplin belajar (Z = -2.812; p = 0.005 < 0.05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dapat digunakan untuk meningkatkan disiplin belajar.