PERMAINAN BOY-BOYAN SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MORAL PADA ANAK LAKI-LAKI SEKOLAH DASAR
Main Author: | Sasmita, Anggun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/43994/1/jiptummpp-gdl-anggunsasm-51411-1-skripsi.pdf http://eprints.umm.ac.id/43994/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan moral pada anak adalah segala pikiran, perasaan, dan tindakan yang berada pada masa sekolah, dengan menunjukkan beberapa sifat seperti kejujuran, keadilan dan penghormatan terhadap hak-hak dan kebutuhan-kebutuhan orang lain sebagai pedoman untuk berperilaku. Tugas perkembangan di masa anak-anak yaitu mengeksplorasi dunia sosial. Permainan boy-boyan juga mencakup aspek sosial karena terdapat interaksi antar teman sebaya, subjek bisa membangun pemahaman tentang prinsip-prinsip moral seperti timbal balik dan kerja sama, keadilan, serta kesejahteraan. Perkembangan moral dapat ditingkatkan dengan permainan boy-boyan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas permainan boy-boyan sebagai media dalam meningkatkan perkembangan moral pada sekolah dasar. Penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan desain penelitian control group pre-test post-test. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini skala perkembangan moral. Subjek penelitian berjumlah 20 siswa sekolah dasar laki-laki yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen sebanyak 10 siswa laki-laki dan kelompok kontrol sebanyak 10 siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan skor perkembangan moral pada kelompok eksperimen setelah mendapatkan perlakuan permainan boy-boyan (t =-5.915; p = 0.000<0.05; M sebelum perlakuan = 44.80 dan M sesudah perlakuan = 51.10).