HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG PELAKSANAAN TATA TERTIB SEKOLAH DENGAN SIKAP DISIPLIN SISWA DI MTsN 3 BANJARMASIN
Main Author: | Rivai, Ade Asrina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/43861/1/jiptummpp-gdl-adeasrinar-49422-1-skripsi-a.pdf http://eprints.umm.ac.id/43861/ |
Daftar Isi:
- Sikap disiplin yang dimaksud dalam penelitian ini adalah sikap siswa dalam mematuhi peraturan di sekolah berdasarkan kesadaran yang muncul dari dalamdirinya. Dengan bersikap disiplin, seseorang akan belajar bagaimana seharusnya mereka bertindak di suatu lingkungan. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kedisiplinan yaitu tidak konsistensinya pihak sekolah dalam melaksanakan peraturan, sehingga akan mempengaruhi persepsi siswa. Persepsi adalah proses memahami informasi yang didapat dari lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara persepsi siswa tentang pelaksanaan tata tertib sekolah dengan sikap disiplin siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain korelasional. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa MTsN 3 Banjarmasin sebanyak 263 orang. Teknikyang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu teknik simple random sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan dua buah skala yaitu skala persepsi siswa dan kedisiplinan siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara persepsi siswa tentang pelaksanaan tata tertib sekolah dengan sikap disiplin siswa (p = 0.000 < 0.05, r = 0.637) dengan kontribusi persepsi siswa tentang pelaksanaan tata tertib sekolah terhadap sikap disiplin siswa sebesar40.6%. Artinya, semakin siswa memiliki persepsi yang positif terhadappelaksanaan tata tertib sekolah, maka akan semakin baik pula sikap disiplin siswadi sekolah.