PHOTOVOICE: METODE UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL PADA SISWA SMP

Main Author: Saputra, Alvian Teddy Trisna
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/43852/1/jiptummpp-gdl-alviantedd-49430-1-10.alha-h.pdf
http://eprints.umm.ac.id/43852/
Daftar Isi:
  • Tindak kekerasan atau bullying masih kerap terjadi pada siswa di sekolah, dengan dampak yang sangat menakutkan, bullying diharapkan hilang atau tidak terjadi di sekolah lagi. Untuk mengatasi bullying bisa dilakukan dengan memunculkan rasa empati dan meningkatkan perilaku prososial pada siswa, dengan menggunakan metode photovoice. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode photovoice terhadap perilaku prososial pada siswa SMP. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pre – Post test Control Grup Design. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 16 remaja yang berjenis kelamin laki – laki dan perempuan, berusia 13 sampai 15 tahun. Instrumen pengukuran data pada penelitian ini menggunakan skala prososial. Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya pengaruh metode photovoice terhadap peningkatan perilaku prososial. Hasil posttest nilai t(6)=(-3.614). p= .009, Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode photovoice tidak dapat meningkatkan perilaku prososial pada siswa SMP