TOKEN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN MORAL PADA ANAK SEKOLAH DASAR
Main Author: | Izzah, Annisatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/43849/1/jiptummpp-gdl-annisatuli-49431-1-tokenek-r.pdf http://eprints.umm.ac.id/43849/ |
Daftar Isi:
- Kecerdasan moral ialah kemampuan individu yang dicapai dari mengingat aturan atau proses belajar untuk memahami sesuatu secara benar atau salah dengan pendirian yang kuat. Token ekonomi merupakan suatu teknik yang memberikan penguat untuk membangun tingkah laku yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kecerdasan moral anak sekolah dasar mampu ditingkatkan dengan metode token ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain penelitian non-randomized pretest-postest control group. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah Skala Kecerdasan Moral dengan validitas 0,347-0,682. Subjek penelitian dipilih dengan teknik purposive samplingberjumlah 16 siswa sekolah dasar yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen sebanyak 8 siswa dan kelompok kontrol sebanyak 8 siswa.Hasil penelitianmenunjukkan adanya perbedaan skor kecerdasan moral pada kelompok eksperimen setelah mendapatkan perlakuan token ekonomi (Z=-2,524; p = 0,012 < 0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan token ekonomi dapat digunakan untuk meningkatkan kecerdasan moral. Tingkat kecerdasan moral pada kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol, sehingga token ekonomi dapat meningkatkan kecerdasan moral.