BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN PADA REMAJA
Main Author: | Rusmaini, Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/43810/1/jiptummpp-gdl-dwirusmain-49447-1-skripsi-i.pdf http://eprints.umm.ac.id/43810/ |
Daftar Isi:
- Siswa yang tidak mandiri cenderung akan bergantung pada orang lain, tidak dapat berpikir alternatif, tidak percaya diri, kesulitan menyesuaikan diri sehingga tidak dapat mengembangkan potensi dirinya. Bimbingan kelompok merupakan hubungan interpersonal yang memunculkan dinamika kelompok dalam upaya pengembangan pemahaman serta kemampuan untuk meningkatkan perilaku yang diinginkan. Tujuan pada penelitian ini adalah meningkatkan kemandirian pada remaja dengan menggunakan bimbingan kelompok. Penelitian ini menggunakan pre test post test control group design menggunakan alat ukur skala kemandirian. Tahap pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Subjek penelitian sebanyak 12 remaja dan dibagi menjadi dua kelompok, 6 subjek untuk kelompok eksperimen dan 6 subjek untuk kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada tingkat kemandirian (Z = -2.651; P 0.008 < 0.05). Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kemandirian pada remaja.