PENERAPAN TOKEN ECONOMY UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK PRA SEKOLAH

Main Author: AGUSTA, ALDILA GALUH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/43730/1/jiptummpp-gdl-aldilagalu-50014-1-skripsi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/43730/
Daftar Isi:
  • Kemandirian merupakan suatu aspek kepribadian yang sangat penting dimiliki oleh setiap anak sejak usia pra sekolah. Latihan-latihan kemandirian harus dilakukan secara konsisten dan sesuai dengan usia anak. Pemberian stimulasi yang terarah dan teratur, membuat anak akan lebih cepat mandiri. Metode token ekonomi merupakan metode yang sudah banyak diteliti dan terbukti efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian anak usia pra sekolah menggunakan token economy. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain one group pre test post test. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument check list berjumlah 14 butir. Subjek penelitian ini berjumlah 6 orang. Analisis data yang digunakan yaitu paired sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan skor kemandirian pre test dan post test setelah diberikannya perlakuan p < 0,05 (p = 0,000). Hal tersebut membuktikan bahwa token ekonomi mampu untuk meningkatkan kemandirian anak usia pra sekolah