PSIKOEDUKASI EMPATI UNTUK MENINGKATKAN PROSOSIAL SISWA REGULER TERHADAP SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS
Main Author: | Rahmawati, Dinda Fitri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/43681/1/jiptummpp-gdl-dindafitri-47602-1-skripsi.pdf http://eprints.umm.ac.id/43681/ |
Daftar Isi:
- Seringnya perilaku bullying yang dilakukan oleh siswa regular terhadap siswa berkebutuhan khusus merupakan menjadi perhatian penting dikarenakan kurang adanya rasa empati siswa sehingga tidak adanya sikap prososial siswa. Tujuan dari penelitian ini agar siswa regular diharapkan dapat mampu meningkatkan sikap prososial. Menggunakan desain penelitian kuantitatif quasi experiment dengan metode control group pre test and post test design. Instrumen untuk pengambilan data dan untuk perbandinagn menggunakan skala sikap prososial. Pemilihan subjek menggunakan purposive sampling dengan kriteria subjek berusia 13-15 tahun, laki-laki dan perempuan serta memiliki prososial yang rendah yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu 32 kelompok eksperimen dan 32 kelompok kontrol. Hasil penelitian dengan menggunakan analisa data paired sample t test menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan kepada kelompok eksperimen antara tingkat sikap prososial siswa reguler terhadap siswa berkebutuhan khusus sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa psikoedukasi empati dengan nilai p = 0.005 (p < 0.05). Penelitian ini mampu membuktikan bahwa dengan adanya psikoedukasi empati mampu meningkatkan sikap prososial siswa reguler terhadap siswa berkebutuhan khusus.