PELATIHAN BERPIKIR POSITIF TERHADAP KONSEP DIRI REMAJA YANG TINGGAL DI PANTI ASUHAN

Main Author: Putri, Dhea Ravea Eka
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/43647/1/jiptummpp-gdl-dhearaveae-47832-1-binder1.pdf
http://eprints.umm.ac.id/43647/
Daftar Isi:
  • Konsep diri merupakan pandangan individu terhadap diri yang disebabkan oleh berbagai pengalaman yang pernah dilalui semasa hidup. Topik ini menjadi menarik untuk diteliti ketika subjek penelitian adalah remaja yang tinggal di panti asuhan. Mengingat berbagai kejadian dalam kehidupan yang dialami sebelum hingga saat mereka tinggal di panti asuhan. Konsep diri dapat ditingkatkan dengan pemberian intevensi pelatihan berpikir positif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran pelatihan berpikir positif terhadap konsep diri remaja yang tinggal di panti asuhan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-experimental dengan model non randomized pre-test post-test control group design. Alat ukur yang digunakan adalah skala konsep diri. Subjek penelitian berjumlah 30 remaja yang tinggal di panti asuhan Al-Hidayah Batu yang berada pada rentang usia 13-17 tahun dan memiliki kategori skor konsep diri rendah. Pengambilan subjek diperoleh menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan pembagian subjek ke dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menggunakan teknik random assigment. Hasil analisis data menggunakan Independent Sampel t-Test, menunjukkan nilai p = 0.003 (p < 0,05) yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada skor konsep diri pretest-post-test. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelatihan berpikir positif dapat meningkatkan konsep diri remaja yang tinggal di panti asuhan .