PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK TERHADAP PENINGKATAN KONTROL DIRI ANAK USIA SEKOLAH
Main Author: | Andina, Noor Latifah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/43630/1/jiptummpp-gdl-noorlatifa-47840-1-bruntke-t.pdf http://eprints.umm.ac.id/43630/ |
Daftar Isi:
- Setiap individu membutuhkan kontrol diri dalam menghadapi berbagai masalah dalam lingkungannya. Pembentukan kontrol diri dapat dipengaruhi oleh lingkungan salah satunya dengan permainan tradisional engklek. Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh permainan engklek untuk meningkatkan kontrol diri pada usia anak sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian mixed subject design, dengan menggunakan 27 siswa/i kelas 4 di 3 sekolah dasar. Subjek akan dibagi menjadi 2 kelompok eksperimen. Kelompok A diberikan perlakuan engklek payung- pa’a, kelompok B sebaliknya, dan 1 kelompok kontrol tidak diberikan perlakuan. Instrumen penelitian berupa skala kontrol diri yang diberikan sebelum dan setelah perlakuan. Data dianalisa menggunakan uji paired sample t-test, dengan meliahat dari hasil pretes dan postes untuk melihat peningkatan setiap skor. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan pada skor postes 1 dan 2 pada kelompok eksperimen A dan B, dan tidak adanya peningkatan pada kelompok kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa permainan tradisional engklek dapat digunakan untuk meningkatkan kontrol diri pada anak usia sekolah dasar.