HUBUNGAN PENYESUAIAN DIRI DENGAN KEPATUHAN TERHADAP TATA TERTIB SEKOLAH
Main Author: | Puspitasari, Nur Anggraini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/43623/1/jiptummpp-gdl-nuranggrai-48089-1-skripsi-a.pdf http://eprints.umm.ac.id/43623/ |
Daftar Isi:
- Kepatuhan dapat diartikan sebagai perubahan sikap dan tingkah laku seseorang untuk mengikuti perintah mematuhi tata tertib sekolah seperti : membolos, datang terlambat, mengeluarkan baju dan lain sebagainya yang termasuk dalam pelanggaran sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan positif antara penyesuaian diri dengan kepatuhan siswa, dengan menggunakan desain penelitian kuantitatif korelasional. Adapun subjek penelitian berjumlah 234 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik cluster sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala penyesuaian diri dan skala kepatuhan dengan model skala likert. Analisis penelitian dengan uji korelasi pearson – Product moment. Hasil penelitian menunjukan terdapat korelasi positif yang signifikan antara penyesuaian diri dengan kepatuhan (r = 0,674 p = 0,000 < 0,05). Hal ini menjelaskan semakin tinggi penyesuaian diri maka semakin tinggi pula tingkat kepatuhan siswa dalam mematuhi peraturan.