HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN PRESENTASI DIRI PADA PENGGUNA INSTAGRAM

Main Author: Handayani, Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/43621/1/jiptummpp-gdl-putrihanda-48090-1-putriha-f.pdf
http://eprints.umm.ac.id/43621/
Daftar Isi:
  • Instagram memungkinkan individu untuk mempresentasikan diri dengan cara melakukan apapun agar menarik perhatian orang lain terhadapnya. Hadirnya instagram menjadikan seorang remaja mengekspresikan diri melalui foto/video dengan tidak mengikuti norma yang berlaku di masyarakat. Salah faktor yang mempengaruhi presentasi diri adalah harga diri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada hubungan antara harga diri dengan presentasi diri pada pengguna instagram. Penelitian ini dilakukan pada 342 orang Mahasiswa Muhammadiyah Malang berusia 16-25 tahun yang menggunakan instagram. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu menggunakan teknik nonprobability sampling khususnya purposive sampling. Variabel penelitian diukur menggunakan skala Rosenberg Self-Esteem dan skala presentasi diri di instagram. Hasil perhitungan menggunakan teknik korelasi Spearman's rho di dapatkan nilai koefisien korelasi sebesar 0.092; (p) = 0.089 (p > 0.05). Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara harga diri dengan presentasi diri pada pengguna jejaring sosial instagram.