“WHO ARE YOU” ROLE PLAYING METODE UNTUK MENINGKATKAN SELF CONCEPT PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Main Author: | Ariana, Risma Septi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/43617/1/jiptummpp-gdl-rismasepti-48093-1-rismase-i.pdf http://eprints.umm.ac.id/43617/ |
Daftar Isi:
- Self concept (konsep diri) merupakan sebuah kerangka acuan seseorang dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Konsep diri telah ada saat kita lahir dan akan terus berubah seiring bertambahnya usia seseorang. Selain itu, pengalaman yang diterima oleh seseorang akan mempengaruhi bagaimana orang tersebut berperilaku. Sehingga sangat penting memberikan pengalaman yang baik bagi seseorang untuk lebih memahami konsep dirinya. Salah satu cara untuk memberikan pengalaman yang nyata bagi anak untuk mengetahui konsep dirinya yaitu dengan role playing. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah penggunaan metode “Who are you” role playing mampu meningkatkan self concept pada siswa sekolah dasar. Subjek dari penelitian ini berjumlah 30 siswa kelas 6 SD baik laki-laki maupun perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pre-post control group design. Hasil dari penelitian ini dianalisa menggunakan paired sample t-test dan independent sample t-test dimana hasil menunjukkan bahwa penggunaan metode “Who are you” role playing tidak memberikan pengaruh terhadap peningkatan konsep diri pada siswa sekolah dasar dengan nilai independent sample t-test t(28), p= .859.