BERMAIN MUSIK ANGKLUNG UNTUK MENURUNKAN STRES AKADEMIK PADA ANAK SEKOLAH DASAR
Main Author: | Rohana, Siti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/43616/1/jiptummpp-gdl-sitirohana-48094-1-sitiroh-%29.pdf http://eprints.umm.ac.id/43616/ |
Daftar Isi:
- Stres akademik menjadi problem yang ada dalam diri siswa, hal ini berakibat adanya penurunan nilai akademis dan prestasi dalam diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain musik angklung untuk menurunkan tingkat stres akademik pada anak sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen quasi dengan design penelitian yang digunakan adalah one group pre and post-test design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 8 subjek, jumlah laki-laki dalam penelitian ini adalah 6 subjek sedangkan untuk perempuan adalah 2 subjek. Kemudian alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Student-life stress inventory (SSI). Sedangkan untuk teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Paired sampel t tes. Dari hasil penelitian yang dilakukan dihasilkan angka probabilitas < 0,05 ( p = 0,040 ) hal ini menunjukkan adanya pengaruh bermain musik angklung untuk menurunkan stres akademik sebelum dan sesudah bermain musik angklung. Hal tersebut juga didukung dengan perbedaan hasil rata-rata sebelum dan sesudah bermain musik angklung hasil tersebut adalah 72,38 menjadi 67,38.