KEPERCAYAAN MEREK (BRAND TRUST) E-COMMERCE DENGAN PEMBELIAN IMPULSIF (IMPULSE BUYING)

Main Author: Septini, Hesti Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/43579/1/jiptummpp-gdl-hestidwise-48799-1-%5B2013102-i.pdf
http://eprints.umm.ac.id/43579/
Daftar Isi:
  • Pembelian impulsif merupakan fenomena yang sering terjadi di dalam setting bisnis e-commerce. Kepercayaan merek e-commerce ini merupakan salah satu variabel personal pemicu terjadinya pembelian impulsif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan merek e-commerce dengan pembelian impulsif. Penelitian ini merupakan penelitian non-eksperimental dengan menggunakan skala kepercayaan merek dan skala pembelian impulsif. Jumlah subjek dalam penelitian sebanyak 200 konsumen e-commerce berusia 20-30 tahun dengan metode quota sampling. Hasil dari analisis korelasi Pearson’s r menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara kepercayaan merek dengan pembelian impulsif (r = 0.257, p = 0.000) yang berarti semakin tinggi kepercayaan merek e-commerce maka semakin tinggi pembelian impulsif yang dapat terjadi. Selain itu, kepercayaan merek e-commerce berpengaruh sebesar 6,6% terhadap pembelian impulsif.