DONGENG INTERAKTIF MELALUI BIBLIOTHERAPY UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN SOSIAL PADA ANAK USIA DINI
Main Author: | Khoirunnisa, Rani Mahsa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/43569/1/jiptummpp-gdl-ranimahsak-48808-1-dongeng-i.pdf http://eprints.umm.ac.id/43569/ |
Daftar Isi:
- Kecemasan sosial pada anak, terutama anak usia dini dapat menjadi sebuah manifestasi gangguan psikologis yang lebih luas dan lebih dalam jika tidak ditangani sejak dini. Pada penelitian ini, digunakan metode dongeng interaktif yang disesuaikan dengan metode bibliotherapy bagi anak usia dini yang mengalami kecemasan sosial. Tujuan penelitian ini ialah menurunkan tingkat kecemasan sosial anak usia dini dengan dongeng interaktif melalui bibliotherapy pada siswa kelas A di TK Al Ghoniya, dengan penelitian kuasi yang didesain secara single case. Subjek dalam penelitian ini dipilih dengan metode non probability sampling yang dipilih berdasarkan nilai kecemasan sosialtertinggi, sehingga didapatkan subjek berjumlah 5 orang. Instrumen yang digunakan ialah lembarobservasi yang dikuantitatifkan yang disusun oleh peneliti sendiri yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian dianalisis menggunakan paired sample t test, yang menunjukkan adanya perbedaan skor kecemasan sosial sebelum dan sesudah diberi perlakuan (Z = -2.041, syg.= 0.041<0.05). Hal tersebut membuktikan bahwa dongeng interaktif melalui bibliotherapy mampu menurunkan kecemasan sosial pada anak usia dini.