SOCIAL STORY UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU DISIPLIN SISWA SEKOLAH DASAR

Main Author: Rahma, Aulia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/43545/1/jiptummpp-gdl-auliarahma-46892-1-skripsi-7.pdf
http://eprints.umm.ac.id/43545/
Daftar Isi:
  • Disiplin diperlukan di lingkungan sekolah agar siswa berperilaku sesuai tata aturan yang berlaku di sekolah, tanpa adanya perilaku disiplin, siswa akan selalu membuat masalah. Penggunaan metode yang tepat merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan perilaku tersebut, yaitu social story. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah social story bisa efektif digunakan untuk meningkatkan perilaku disiplin siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 3B SD Mojorejo 1 Batu sebanyak 25 orang yang terbagi ke dalam kelompok eksperimen dan kontrol. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan model pre-test post-test control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan mix random sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan independent dan paired sample t-test. Hasil menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan perilaku disiplin pada kelompok eksperimen dan kontrol dimana nilai t(23) = 1.161, p= .258. Jadi dapat disimpulkan bahwa social story tidak dapat digunakan untuk meningkatkan perilaku disiplin siswa sekolah dasar