STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MORAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR (di MI Hasyim Asyari Malang Kelas IV)

Main Author: Astriani, Defi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/43543/1/jiptummpp-gdl-defiastria-46893-1-naskahs-i.pdf
http://eprints.umm.ac.id/43543/
Daftar Isi:
  • Perkembangan moral dapat diartikan sebagai suatu konsep yang dimiliki seseorang dalam memahami benar dan salah dalam mengatur perilaku untuk mematuhi standar yang dianggap sesuai oleh masyarakat. Konsep ini berkaitan dengan cara berpikir, perasaan dan berperilaku. Pembentukan karakter dalam diri seseorang dapat dilakukan melalui penanaman nilai moral sejak dini sebagai upaya ketika dewasa mereka dapat mengontrol perilaku sesuai dengan nilai-nilai moral. Salah satu intervensi yang dapat digunakan untuk menanamkan nilai moral pada anak adalah storytelling. Storytelling secara langsung berkaitan erat dengan aspek yang membangun perkembangan moral. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan moral siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent pretest-posttest control group. Subjek penelitian berjumlah 20 siswa yang terbagi menjadi dua kelompok. Kelompok eksperimen terdiri dari 10 siswa dari MI Hasyim Asyari Malang, dan kelompok kontrol terdiri dari 10 siswa dari SD Muhammadiyah 8 DAU Malang. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan setelah pemberian storytelling terhadap perkembangan moral (t = 3,819 dan p = 0,003 (p < 0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa storytelling dapat meningkatkan perkembangan moral siswa sekolah dasar.