MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN ORIGAMI PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Main Author: Dewanti, Lila Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/43512/1/jiptummpp-gdl-lilaputrid-46903-1-skripsi-i.pdf
http://eprints.umm.ac.id/43512/
Daftar Isi:
  • Kreativitas dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang dalam memunculkan gagasan atau ide maupun menggabungkan dari konsep yang sudah ada sebelumnya menjadi produk baru yang bermanfaat. Mengingat kondisi belajar mengajar yang ada di sekolah dasar saat ini menggunakan metode belajar menghafal yang sesungguhnya tidak memberi kesempatan bagi anak untuk mengembangkan kreativitas. Kurangnya metode untuk mengembangkan kreativitas dapat diatasi, salah satunya dengan melalui permainan origami. Permainan origami merupakan salah satu permainan konstruktif yang mengajak anak untuk belajar sambil bermain yang menunjang dalam mengembangkan kreativitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan efektivitas permainan origami terhadap peningkatan kreativitas anak sekolah dasar. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain control group pre-test post-test design dan menggunakan analisa data Independent Sample T-test. Penelitian ini menggunakan alat ukur Tes Kreativitas Figural (TKF). Subjek penelitian ini terdiri dari 24 siswa yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan tingkat kreativitas kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (t=10,810;p<0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa permainan origami dapat digunakan untuk meningkatkan kreativitas.