PERMAINAN BOY-BOYAN SEBAGAI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN MORAL SISWA (STUDI PADA SISWA KELAS V SDN NGEMBAL KABUPATEN MALANG)
Main Author: | Wijayanti, Nur Intan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/43510/1/jiptummpp-gdl-nurintanwi-46905-1-skripsi-i.pdf http://eprints.umm.ac.id/43510/ |
Daftar Isi:
- Moral merupakan perkembangan yang melibatkan pikiran, perasaan dan tindakan dalam memperoleh konsep benar dan salah untuk memiliki kemampuan dalam mengatur perilaku yang dianggap sesuai masyarakat. Penanaman nilai moral merupakan hal yang penting dilakukan oleh berbagai pihak sebab saat ini makin marak fenomena negatif yang terjadi pada anak-anak. Salah satu upaya untuk meningkatkan moral anak ialah dengan pemberian permainan boy-boyan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian permainan boy-boyan sebagai media dalam pembelajaran moral siswa kelas V SDN Ngembal. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen nonequivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 10 kelompok eksperimen dan 10 kelompok kontrol. Alat ukur yang digunakan ialah skala moralitas yang berjumlah 21 item. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan peningkatan moral antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen (t = 5.762; p = 0.000 < 0.05). Hal ini menunjukkan permainan boy-boyan dapat digunakan sebagai media pembelajaran moral siswa sekolah dasar.