STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MORAL (Studi Pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar Negeri di Kota Malang)
Main Author: | Meilani, Tiya Afianti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/43503/1/jiptummpp-gdl-tiyaafiant-46908-1-naskahs-i.pdf http://eprints.umm.ac.id/43503/ |
Daftar Isi:
- Kasus yang melibatkan anak-anak terkait dengan bagaimana perilaku amoral mereka banyak sekali terjadi akhir-akhir ini. Perkembangan moral dapat diartikan sebagai suatu aturan yang ada dalam masyarakat yang berhubungan dengan konsep benar dan salah. Tema ini menjadi menarik untuk dibahas pada dewasa ini ketika subjek penelitian adalah siswa-siswi yang duduk pada kelas 4 sekolah dasar. Peningkatan perkembangan moral ini dapat diatasi, salah satunya dengan pemberian metode storytelling. Perkembangan moral dapat dikurangi dengan pemberian storytelling. Storytelling secara langsung berkaitan erat dengan aspek yang meningkatkan perkembangan moral. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan efektivitas storytelling dalam rangka meningkatkan perkembangan moral anak kelas 4 sekolah dasar. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain control group pre-test post-test design. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan diantara kelompok eksperimen dan kontrol t(18)= 2.99, p= .008 < .05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa storytelling dapat digunakan untuk meningkatkan perkembangan moral.