METODE CIRCLE STORY UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF SISWA
Main Author: | Hidayah, Fathul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/43501/1/jiptummpp-gdl-fathulhida-46916-1-fathulh.pdf http://eprints.umm.ac.id/43501/ |
Daftar Isi:
- Masa remaja merupakan masa dimana seorang individu memiliki banyak peran yakni sebagai siswa, anggota organisasi dan anggota masyarakat. Dalam menjalankan perannya tersebut maka individu perlu memiliki perilaku asertif. Perilaku asertif dapat diartikan sebagai kemampuan individu untuk berani berbicara dan mengungkapkan pendapat-pendapatnya dengan baik. Kurangnya perilaku asertif pada individu dapat diatasi, salah satunya dengan pemberian metode circle story. Metode ini diadaptasi dari permainan cerita berantai yang dapat menumbuhkan kepercayaan diri untuk berbicara didepan orang banyak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktika efektifitas metode circle story dalam meningkatkan perilaku aserfit siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan dengan desain pre-post test control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan secara signifikan pada skor M perilaku asertif kelompok eksperimen dan kelompok kontrol . dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode circle story dapat digunakan untuk meningkatkan perilaku asertif.