SELF REGULATION, SELF EFFICACY DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
Main Author: | Putri, Juwita Artika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/43483/1/jiptummpp-gdl-juwitaarti-46922-1-skripsi.pdf http://eprints.umm.ac.id/43483/ |
Daftar Isi:
- Motivasi belajar merupakan dorongan dari dalam maupun luar yang menggerakkan seseorang untuk bertindak agar dapat mencapai tujuannya dalam proses pembelajaran. Motivasi merupakan komponen penting dalam pendidikan. Dengan adanya motivasi maka siswa berusaha menjadi lebih baik daripada orang lain dalam mencapai prestasinya. Faktor internal merupakan faktor terpenting dalam meningkatkan motivasi belajar. Salah satu faktor tersebut adalah self regulation yang merupakan kemampuan seseorang mengatur pikiran, perasaan, dan perilakunya untuk dievaluasi sehingga sesuai dengan keinginan dan tujuan yang hendak dicapai. Faktor internal lainnya adalah self efficacy yang merupakan keyakinan seseorang bahwa dirinya mampu melakukan sesuatu dalam situasi tertentu. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh antara self regulation, self efficacy terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimen menggunakan analisis regresi ganda. Pengambilan subjek menggunakan simple random sampling dengan jumlah 150 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara self regulation dan self efficacy terhadap motivasi belajar siswa (F=110.089, p=.000).