BETTER SELF: METODE GAME UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SISWA
Main Author: | Puspasari, Karisma Dewi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/43480/1/jiptummpp-gdl-karismadew-46923-1-skripsi_-3.pdf http://eprints.umm.ac.id/43480/ |
Daftar Isi:
- Membolos dari sekolah, penggunaan narkoba, prestasi akademik yang rendah, dan kenakalan-kenakalan siswa lainnya merupakan akibat dari kegagalan siswa dalam melakukan penyesuaian diri. Kegagalan penyesuaian diri pada suatu tahapan perkembangan dapat terus berlanjut selama rentang kehidupan. Oleh karena itu, treatment untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa sangatlah dibutuhkan. Game Better Self memberikan kesempatan bagi siswa untuk mempelajari keterampilan sosial dan emosi sehingga penyesuaian diri yang efektif dapat terbentuk. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan disain control group pre-test post-test. Subjek dari penelitian ini adalah 20 siswa SMA Muhammadiyah Kediri. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan tingkat penyesuaian diri siswa pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menggunakan independent sample t-test didapatkan nilai t(18) = 2.29, p = .03 setelah diberikan Game Better Self. Dapat disimpulkan bahwa Game Better Self dapat meningkatkan penyesuaian diri siswa.