METODE WHO AM I UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF PADA SISWA

Main Author: Hartland, Nadhya Rufaidah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/43477/1/jiptummpp-gdl-nadhyarufa-47147-1-skripsi-d.pdf
http://eprints.umm.ac.id/43477/
Daftar Isi:
  • Fenomena kenakalan remaja tentunya akan menimbulkan banyak konflik yang ditemukan di lingkungan sekitar kita. Kenakalan yang terjadi salah satunya karena tidak adanya keterbukaan diri individu dengan orang disekitarnya. Ketebukaan diri seperti menyampaikan pendapat yang dimiliki individu kepada orang lain dapat mengurangi konflik dengan lingkungan disekitarnya. Oleh karena itu, individu perlu meningkatkan perilaku asertif. Perilaku asertif adalah cara individu dalam mengungkapkan pendapatnya kepada orang lain dengan cara yang baik. Meningkatkan perilaku asertif dapat dengan menggunaan metode Who Am I. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur keefektifan penggunaan metode Who Am I untuk meningkatkan perilaku asertif pada siswa. Subjek penelitian ini adalah siswi SMP/SMA dengan jumlah 26 orang. Teknik pengambilan sample menggunakan mix random sampling. Analisa data yang digunakan adalah independent dan paired sample t-test. Hasil penelitian ini adalah t(24)= .714, p = .482 > .01