HUBUNGAN ANTARA KELEKATAN TEMAN SEBAYA DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA REMAJA

Main Author: Sofiyani, Meylinda Kurnia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/43471/1/jiptummpp-gdl-meylindaku-47151-1-skripsi-x.pdf
http://eprints.umm.ac.id/43471/
Daftar Isi:
  • Perilaku konsumtif adalah perilaku dimana seseorang impulsif dalam menggunakan atau membeli barang secara berlebihan yang tidak didasarkan pada kebutuhan melainkan hanya berdasarkan pada keinginan. Dan kelekatan teman sebaya diduga menjadi faktor dalam mempengaruhi perilaku konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kelekatan teman sebaya dengan perilaku konsumtif pada remaja. Kelekatan ialah adanya suatu relasi antara figur sosial tertentu dengan suatu fenomena tertentu yang dianggap mencerminkan karakteristik relasi yang unik. Desain yang digunakan adalah non-eksperimen kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja di kota Probolinggo dengan jumlah sampel sebesar 222 remaja. Teknik sampel ini menggunakan teknik insidental sampling dan teknik pengambilan data menggunakan skala kelekatan teman sebaya dan skala perilaku konsumtif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara kelekatan teman sebaya dengan perilaku konsumtif dengan angka korelasi (r = -0.125 p = 0.064). Consumer behavior is a behavior in which a person uses or impulsive in buying stuffs in excess which is not based on need but only based on desire. And attachment to peers suspected of being a factor in influencing the behaviour of the consumer. This research aims to know the relation between peer attachment with consumer behavior in teenagers. Attachment is the existence of a relationship between a particular social figure with a particular phenomenon deemed to reflect a unique relationship characteristics. The design used is non-experimental quantitative corelational. The population in this study was a teenager in the town of Probolinggo with a total sample of 222 teenagers. This sample uses the technique of incidental sampling techniques and data retrieval using scale of peers attachment and the scale of consumptive behavior. The results of this research show that there is no relationship between peer attachment with consumeribehavior with correlation (r =-0125 p = 0.064)