INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE BERUNSUR KEKERASAN DAN POLA ASUH OTORITER TERHADAP PERILAKU AGRESIF ANAK

Main Author: Wafiya, Anni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/43434/1/jiptummpp-gdl-anniwafiya-47257-1-skripsi-%29.pdf
http://eprints.umm.ac.id/43434/
Daftar Isi:
  • Fenomena perilaku agresif verbal dan non verbal pada pelajar sekolah dasar di Indonesia khususnya di kota Malang marak terjadi. Faktor situasional yakni intensitas bermain game online berunsur kekerasan dan pola asuh otoriter merupakan prediktor terjadinya fenomena perilaku agresif anak tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh intensitas bermain game online berunsur kekerasan dan pola asuh otoriter terhadap perilaku agresif anak. Desain penelitian bersifat non-eksperimental kuantitatif dengan menggunakan teknik Purposive sampling. Jumlah subjek sebanyak 150 subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang sangat signifikan antara intensitas bermain game online berunsur kekerasan dan pola asuh otoriter terhadap perilaku agresif anak (F=9.724, p= .000), dengan nilai kontribusi sebesar 12 % (R2= .117). Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi intensitas bermain game online berunsur kekerasan dan semakin besar tingkat pola asuh otoriter maka semakin tinggi pula tingkat perilaku agresif anak.