PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT BAGI SISWA KELAS IV SDN TEGALGONGO KARANGPLOSO MALANG

Main Author: Asiah, Asiah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2007
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/4343/1/PEMBELAJARAN_MATEMATIKA_REALISTIK_TERHADAP_MATERI_PENJUMLAHAN_DAN_PENGURANGAN_BILANGAN_BULAT_BAGI_SISWA_KELAS_IV_SDN_TEGALGONGO_KARANGPLOSO_MALANG.pdf
http://eprints.umm.ac.id/4343/
ctrlnum 4343
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umm.ac.id/4343/</relation><title>PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT BAGI SISWA KELAS IV SDN TEGALGONGO KARANGPLOSO MALANG</title><creator>Asiah, Asiah</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat merupakan salah satu materi yang diajarkan di SD. Kebanyakan siswa mengalami kesulitan dalam mengaplikasikan matematika ke dalam situasi kehidupan real. Hal lain yang menyebabkan sulitnya matematika bagi siswa adalah karena pembelajaran matematika kurang bermakna, Guru dalam pembelajarannya di kelas tidak mengaitkan dengan skema yang telah dimiliki oleh siswa dan siswa kurang diberikan kesempatan untuk menemukan kembali dan mengkonstruksi sendiri ide-ide matematika. Salah satu pembelajaran matematika yang berorientasi pada matematisasi pengalaman sehari-hari dan &#xD; menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari adalah pembelajaran matematika realistik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) aktivitas guru dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran matematika realistik, 2) ketuntasan belajar siswa, 3) respon siswa terhadap &#xD; pembelajaran matematika realistik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif bersifat diskriptif, data yang diambil dalam penelitian ini adalah hasil observasi, hasil tes, dan hasil angket. Sedangkan sumber data dalam penelitian in adalah seluruh siswa kelas IV SDN Tegalgondo Malang. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa nilai rata-rata aktivitas guru diperoleh 99,99% tergolong dalam kategori sangat baik, nilai rata-rata aktivitas siswa yang relevan dengan &#xD; KBM (kegiatan belajar mengajar) sebesar 89,65%, sedangkan nilai rata-rata aktivitas siswa yang tidak relevan dengan KBM sebesar 10,15%. Hasil tes yang dilakukan menunjukan secara klasikal diperoleh 80,43% dari siswa yang tuntas belajar. Hasil perolehan dari angket respon siswa terhadap pembelajaran matematika realistik, siswa yang memilih sangat setuju dan setuju mencapai 76,09%, sedangkan siswa yang memilih tidak setuju dan sangat tidak setuju mencapai &#xD; 23,91%, maka respon siswa terhadap pembelajaran matematika realistik pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat adalah bernilai positif.</description><date>2007</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umm.ac.id/4343/1/PEMBELAJARAN_MATEMATIKA_REALISTIK_TERHADAP_MATERI_PENJUMLAHAN_DAN_PENGURANGAN_BILANGAN_BULAT_BAGI_SISWA_KELAS_IV_SDN_TEGALGONGO_KARANGPLOSO_MALANG.pdf</identifier><identifier> Asiah, Asiah (2007) PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT BAGI SISWA KELAS IV SDN TEGALGONGO KARANGPLOSO MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang. </identifier><recordID>4343</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Asiah, Asiah
title PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT BAGI SISWA KELAS IV SDN TEGALGONGO KARANGPLOSO MALANG
publishDate 2007
topic L Education (General)
url http://eprints.umm.ac.id/4343/1/PEMBELAJARAN_MATEMATIKA_REALISTIK_TERHADAP_MATERI_PENJUMLAHAN_DAN_PENGURANGAN_BILANGAN_BULAT_BAGI_SISWA_KELAS_IV_SDN_TEGALGONGO_KARANGPLOSO_MALANG.pdf
http://eprints.umm.ac.id/4343/
contents Penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat merupakan salah satu materi yang diajarkan di SD. Kebanyakan siswa mengalami kesulitan dalam mengaplikasikan matematika ke dalam situasi kehidupan real. Hal lain yang menyebabkan sulitnya matematika bagi siswa adalah karena pembelajaran matematika kurang bermakna, Guru dalam pembelajarannya di kelas tidak mengaitkan dengan skema yang telah dimiliki oleh siswa dan siswa kurang diberikan kesempatan untuk menemukan kembali dan mengkonstruksi sendiri ide-ide matematika. Salah satu pembelajaran matematika yang berorientasi pada matematisasi pengalaman sehari-hari dan menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari adalah pembelajaran matematika realistik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) aktivitas guru dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran matematika realistik, 2) ketuntasan belajar siswa, 3) respon siswa terhadap pembelajaran matematika realistik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif bersifat diskriptif, data yang diambil dalam penelitian ini adalah hasil observasi, hasil tes, dan hasil angket. Sedangkan sumber data dalam penelitian in adalah seluruh siswa kelas IV SDN Tegalgondo Malang. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa nilai rata-rata aktivitas guru diperoleh 99,99% tergolong dalam kategori sangat baik, nilai rata-rata aktivitas siswa yang relevan dengan KBM (kegiatan belajar mengajar) sebesar 89,65%, sedangkan nilai rata-rata aktivitas siswa yang tidak relevan dengan KBM sebesar 10,15%. Hasil tes yang dilakukan menunjukan secara klasikal diperoleh 80,43% dari siswa yang tuntas belajar. Hasil perolehan dari angket respon siswa terhadap pembelajaran matematika realistik, siswa yang memilih sangat setuju dan setuju mencapai 76,09%, sedangkan siswa yang memilih tidak setuju dan sangat tidak setuju mencapai 23,91%, maka respon siswa terhadap pembelajaran matematika realistik pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat adalah bernilai positif.
id IOS4109.4343
institution Universitas Muhammadiyah Malang
institution_id 136
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang
library_id 546
collection UMM Institutional Repository
repository_id 4109
city MALANG
province JAWA TIMUR
repoId IOS4109
first_indexed 2017-03-21T02:39:42Z
last_indexed 2017-03-21T02:39:42Z
recordtype dc
_version_ 1675924114365218816
score 17.538404