PERMAINAN BOY-BOYAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MORAL SISWA (Studi Pada Siswa Kelas VSDN Sumbersekar I Kabupaten Malang)
Main Author: | Lestari, Laila Indra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/43429/1/jiptummpp-gdl-lailaindra-47274-1-lailain-i.pdf http://eprints.umm.ac.id/43429/ |
Daftar Isi:
- Moral merupakan bagian yang penting dalam proses kehidupan manusia. Moral mengacu pada baik buruknya manusia dalam berinteraksi dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efekstivitas permainan boy-boyan sebagai media pembelajaran moral siswa di SDN Sumbersekar I. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang berjenis eksperimental kuasi dengan desain pre test post test with control group. Metode pengambilan data dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan independent sample t test. Sebjek penelitian ini adalah siswa kelas V sekolah dasar. Terdiri dari kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang berjumlah 20 orang dengan rentang usia 10-12 tahun. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ialah skala moral. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan skor moral yang signifikan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol dengan nilai t=4.42, p=0.00 (p<0.05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa permainan boy-boyan dapat digunakan sebagai media pembelajaran moral siswa sekolah dasar