PERMAINAN TRADISIONAL BOY-BOYAN SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MORAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR (Studi pada siswa kelas IV SDN Sumbersekar 01 Malang)
Main Author: | Rizki, Mifthahul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/43427/1/jiptummpp-gdl-mifthahulr-47152-1-skripsi-i.pdf http://eprints.umm.ac.id/43427/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan moral merupakan salah satu hal yang penting bagi anak agar mereka dapat berperilaku dengan pertimbangan nilai moral yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, diperlukan sebuah media yang efektif digunakan untuk meningkatkan perkembangan moral bagi anak, salah satunya dengan permainan tradisional boy-boyan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah permainan tradisional boy-boyan mampu meningkatkan perkembangan moral pada siswa sekolah dasar, dengan rancangan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain kuasi. Jumlah subjek dalam penelitian ini sebanyak 20 siswa kelas IV SD yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Subjek dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah skala perkembangan moral yang disusun sendiri oleh peneliti, yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan tingkat perkembangan moral siswa, sebelum dan sesudah diberikan permainan tradisional boy-boyan (t=3,693, p=0,004< 0,05). Hal ini membuktikan bahwa permainan tradisional boy-boyan mampu meningkatkan perkembangan moral pada siswa sekolah dasar.