PERMAINAN BOY-BOYAN SEBAGAI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN MORAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR (Studi Pada Siswa Kelas V SDN 1 Jambesari, Malang)

Main Author: Utami, Ria Rizki
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/43407/1/jiptummpp-gdl-riarizkiut-47289-1-riarizk-i.pdf
http://eprints.umm.ac.id/43407/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran mengenai moral menjadi bagian penting dalam perkembangan anak, karena moral anak diharapkan dapat berkembang sesuai dengan norma dan aturan suatu kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan boy-boyan sebagai media pembeajaran moral pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuasi eksperimental dimana penelitian ini dilakukan dengan manipulasi atau semu. Jenis desain eksperimen yang digunakan adalah control group pre-test-posttest design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dimana subjek dipilih berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan oleh peneliti 10 orang kelompok eksperimen dan 10 orang kelompok kontrol. Karakteristik sampel yaitu siswa perempuan yang berada dikelas V atau VI sekolah dasar dan masih dalam kategori anak-anak dengan rentang usia 8-13 tahun dan memilki skor moral rendah hingga tinggi (< 71,2) dari hasil skor skala moral. Hasil penelitian menggunakan uji paired sample T test menunjukkan terdapat perbedaan skor moral yang signifikan antara kelompok eksperiman dan kelompok kontrol dan setelah diberikan perlakuan berupa permainan boy-boyan dengan nilai t = 0,960, p < 0,05 (p=0,033). Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan dari permainan boy-boyan sebagai media pembelajaran moral pada siswa sekolah dasar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.