STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MORAL ( Studi Pada SiswaKelas 5 SDN Kesatrian 2 Malang )

Main Author: Dewi, Putri Ayu Sabilillah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/43403/1/jiptummpp-gdl-putriayusa-47293-1-naskah.pdf
http://eprints.umm.ac.id/43403/
Daftar Isi:
  • Pada masa kini banyak anak-anak yang sudah tidak memperdulikan norma-norma yang dilarang oleh masayarakat. Hal ini berdampak buruk pada perkembangan moralnya ketika mereka dewasa. Hal yang perlu diperhatikan bukan hanya perkembangannya saja namun juga penalaran moralnya. Storytelling adalah cerita yang akan disampaikan oleh peneliti kepada subjek cerita tersebut berisi nilai moral dalam kehidupan. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan storytelling dalam rangka meningkatkan perkembangan moral pada anak di SDN Kesatrian 2 Malang kelas 5. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain one group pre-test post-test. Teknik pengambilan data menggunakan purposive sampling dimana subjek dipilih berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan oleh peneliti. Alat ukur yang digunakan menggunakan skala Likert yang dibuat sendiri oleh peneliti berdasarkan aspek perkembangan moral yang memiliki 21 jumlah item. Hasil penelitian menunjukkan nilai probabilitas t = 5,617, p= 0,000 hal artinya adanya pengaruh yang signifikan dari storytelling terhadap peningkatan perkembangan moral anak.