SELF-ESTEEM SEBAGAI MEDIATOR TERHADAP KEHARMONISAN KELUARGA DAN PERILAKU BULLYING DI SEKOLAH
Main Author: | Raydina, Rismadita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/43398/1/jiptummpp-gdl-rismaditar-47294-1-rismadit-7.pdf http://eprints.umm.ac.id/43398/ |
Daftar Isi:
- Perilaku bullying yang semakin marak terjadi di lingkungan sekolah, tidak sesuai dengan norma-norma yang ada dimasyarakat. Latarbelakang yang menyebabkan perilaku bullying adalah keharmonisan keluarga. Remaja yang memiliki latar belakang yang tidak haramonis memiliki self-esteem rendah sehingga rentan melakukan perilaku bullying. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran self-esteem sebagai mediator dari hubungan keharmonisan keluarga dan perilaku bullying di sekolah. Pengukuran dilakukan pada 150 siswa SMAN di kota Barabai, Kalimantan Selatan. Metode pengumpulan data menggunakan skala keharmonisan keluarga, self-esteem dan perilaku bullying. Menggunakan teknik analisa regresi mediator. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa self-esteem tidak dapat menjadi mediator pada hubungan keharmonisan keluarga dan perilaku bullying di sekolah (β = -.131, p>.05).