METODE FERNALD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK DISLEKSIA
Main Author: | Prasetya, Zunus Tri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/43371/1/jiptummpp-gdl-zunustripr-47298-1-zunus20-6.pdf http://eprints.umm.ac.id/43371/ |
Daftar Isi:
- Disleksia merupakan gangguan kognitif yang berupa ketidakmampuan membaca pada anak, anak kesulitan untuk mengenal huruf- huruf yang hampir sama, di mata anak tulisan merupakan coretan yang sulit untuk dibaca. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca subjek dengan menggunakan metode Fernald. Subjek dalam penelitian ini merupakan subjek tunggal, yaitu anak laki-laki berusia 7 tahun yang sedang duduk di bangku kelas 1 SD. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen singgle-subject design. Alat ukur dalam penelitian ini berupa tes kemampuan membaca yang terdiri dari 10 kata. Pada baseline pertama secara konsisten 4 kali pertemuan subjek hanya bisa membaca dengan benar 4 dari 10 kata. Setelah diberikan intervensi menggunakan metode Fernald subjek secara konsisten 4 kali pertemuan berhasil mendapatkan skor 9 dari 10 skor maksimal, kemudian pada baseline kedua subjek secara konsisten 4 kali pertemuan berhasil mendapatkan skor 9 dari 10 skor maksimal. Maka kesimpulannya adalah dengan menggunakan metode Fernald, dapat meningkatkan kemampuan membaca subjek.