EDUKASI MELALUI MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU DISIPLIN PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Main Author: Sari, Nofa Yuventy Nesitaf
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/43368/1/jiptummpp-gdl-nofayuvent-47397-1-naskahs-i.pdf
http://eprints.umm.ac.id/43368/
Daftar Isi:
  • Semakin banyak permasalahan perilaku yang terjadi pada siswa sekolah dasar. Seperti kasus pembolosan yang dilakukan siswa di beberapa wilayah Indonesia, bahkan kasus-kasus yang berhubungan dengan kekerasan secara fisik. Perilaku tersebut muncul karena siswa tidak mampu berperilaku disiplin dengan baik sehingga sangat diperlukan penanganan yang tepat dan sesuai untuk mengatasi permasalahan tersebut. Salah satunya yaitu menggunakan edukasi melalui media gambar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah penggunaan edukasi melalui media gambar dapat meningkatkan perilaku disiplin siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-experiment dengan menggunakan pretest-posttest control group design. Hasil analisa menggunakan independent samples t-test menunjukkan hasil t(24) = .41, p= .683, dimana nilai p> .05 sehingga dapat disimpulkan bahwa treatment edukasi melalui media gambar tidak memberikan pengaruh secara signifikan dalam meningkatkan perilaku disiplin siswa.