TERAPI BERMAIN MENYUSUN PUZZLE BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MEMORI JANGKA PENDEK PADA ANAK ADHD
Main Author: | Aryanto, Santi Nurul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/43361/1/jiptummpp-gdl-santinurul-53650-1-skripsi.pdf http://eprints.umm.ac.id/43361/ |
Daftar Isi:
- ADHD adalah yang sering disebut sebagai gangguan kesulitan memusatkan perhatian, impulsif, dan hiperaktif yakni suatu sindrom neuropsikiatrik yang banyak ditemukan pada anak-anak terlebih anak laki-laki. Gejala seperti kurangnya konsentrasi, hiperaktif, serta impulsif pada anak ADHD dapat menganggu perkembangan anak salah satunya perkembangan kognitif atau kemampuan memori jangka pendek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh terapi bermain menggunakan puzzle bergambar dapat meningkatkan memori jangka pendek pada anak ADHD. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain subjek tunggal. Subjek dalam penelitian ini adalah satu anak laki-laki ADHD berusia 8 tahun. Metode pengumpulan data menggunakan skala digit span dan dianalisa dengan menggunakan analisa grafik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terapi bermain menyusun puzzle bergambar dapat meningkatkan memori jangka pendek pada anak ADHD.