PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT MELALUI MEDIA PAPAN WAYANG PADA SISWA KELAS IV SDN PUNTEN 01 BATU
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mengukur, dan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran serta peningkatan hasil belajar penjumlahan bilangan bulat menggunakan mediapapan wayang di SDN Punten 01 Batu. Jenis penelitian yang digunakan adalah PenelitianTindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah seluruhsiswa di kelas IV SDN Punten 01 Batu tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 30 siswa.Pelaksanaan pembelajaran penjumlahan bilangan bulat melalui papan wayang dengan teknikpermainan menggunakan 5 tahapan pembelajaran yaitu: (a) orientasi permasalahan; (b) perencanaancara penyelesaian; (c) mengorganisasi siswa untuk belajar; (d) pemecahan masalah (eksplorasi);(e) evaluasi/refleksi. Hasil belajar siswa meningkat pada indikator; (a) mengurutkan bilangan bulat;(b) membandingkan bilangan bulat; (c) menjumlahkan bilangan bulat dengan hasil maksimalbilangan 10 sampai bilangan -10. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil post test siklus Iyaitu 19 siswa atau 63,3% tuntas dan meningkat pada siklus II menjadi 26 siswa atau 86,7%.Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran penjumlahan bilangan bulat menggunakan mediapapan wayang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Punten 01 Batu.