Daftar Isi:
  • Matematika adalah ilmu yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peranan penting dalam berbagai disiplin ilmu dan memajukan daya pikir manusia. Pada kenyataannya matematika sering dianggap sebagai mata pelajaran yang silit dan susah untuk dimengerti. Indikasinya dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang kurang. Selama ini umumnya siswa hanya bermodal menghafal untuk menyelesaikan soal-soal matematika. Hal tersebut dikarenakan matematika bersifat abstrak dan membutuhkan pemahaman konsep. Faktor lain yang berpengaruh adalah cara mengajar guru yang kurang tepat yaitu berpusat pada guru, siswa pasif, dan kurang terlibat dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan metode Make A Match mata pelajaran matematika materi Penjumlahan Pecahan kelas IV SDN Mancar 03 Peterongan Jombang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, dimana setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian siswa kelas IV SDN Mancar 03 Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang. Data penelitian ini dikumpulkan dengan teknik tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dari kegiatan Prasiklus ke siklus I yaitu dari nilai rata-rata 55 menjadi 69, dan peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dari rata-rata 69 menjadi 84. Jika ditinjau dari pencapaian persentase ketuntasan hasil belajar siswa, yaitu : pada kegiatan prasiklus 45%, pada siklus I meningkat menjadi 64% dan pada siklus II meningkat menjadi 85%. Persentase hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 40%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diambil kesimpulan bahwa : Penerapan metode Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika siswa kelas IV SDN Mancar 03 Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang.