Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik menggunakan digibook serta peningkatan pemahaman siswa kelas IV di SDN Sumbersari 2 Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas IV SDN Sumbersari 2 tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 22 siswa. Pelaksanaan pembelajaran tematik menggunakan digibook menggunakan 5 tahapan pembelajaran yaitu: (a) orientasi permasalahan; (b) perencanaan cara penyelesaian; (c) mengorganisasi siswa untuk belajar; (d) pemecahan masalah (eksplorasi); (e) evaluasi/refl eksi. Kemampuan pemahaman siswa meningkat pada indikator; (a) mampu menjelaskan materi pembelajaran tematik pada tema tempat tinggalku; (b) mampu mengerjakan soal dengantepat dan benar; (c) peningkatan pemahamn siswa tercermin dari post test siklus I yaitu 14 siswa atau 66,6% tuntas dan meningkat pada siklus II menjadi 18 siswa atau 85,7%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran tematikt menggunakan digibook dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SDN Sumbersari 2 Malang