Daftar Isi:
  • Pendidikan merupakan suatu sistem untuk meningkatkan kualitas hidup manusia dalam segala aspek kehidupan dan sekaligus sebagai upaya pewarisan nilai-nilai budaya bagi kehidupan manusia. Pewarisan nilai-nilai budaya secara tidak langsung merupakan tahapan pembentukan karakter generasi bangsa. Oleh karenanya, pendidikan berperan strategis dalam pengembangan budaya dan karakter generasi bangsa. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar sebagai salah satu anak bungsu di LPTK Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang memiliki sikap proaktif dalam rangka pengembangan budaya dan penguatan pendidikan karakter.Hal ini dilakukan karena mahasiswa PGSD FKIP UMM berasal dari seluruh wilayah nusantara. Oleh karenanya, pembelajaran yang dilakukan tidak dapat terpisah dengan peran budaya serta karakter masing-masing daerah para mahasiswa. Makalah ini akan menjabarkan bagaimana ethno-learning: pembelajaran dalam perspektif budaya dalam rangka penguatan pendidikan karakter para calon guru di Program Studi PGSD FKIP UMM. Serta dampaknyaterhadap peningkatan kualitas lulusan PGSD FKP UMM.