PERBEDAAN TINGKAT KUNJUNGAN WUS YANG DIBERI PROMOSI KESEHATAN MENGGUNAKAN MEDIA CETAK DAN MEDIA AUDIO VISUAL TENTANG PEMERIKSAAN IVA (Di Wilayah Kerja UPT Puskesmas Bolo)

Main Author: ASYKAR, MUHAMMAD
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/42191/1/jiptummpp-gdl-muhammadas-51709-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/42191/2/jiptummpp-gdl-muhammadas-51709-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/42191/3/jiptummpp-gdl-muhammadas-51709-3-babii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/42191/4/jiptummpp-gdl-muhammadas-51709-4-babiii.pdf
http://eprints.umm.ac.id/42191/
Daftar Isi:
  • Latar Belakang : Kanker leher rahim menempati urutan kedua dari seluruh kanker pada perempuan dengan incidence rate 9,7 % dan jumlah kematian 9,3 % dari seluruh kanker pada perempuan di dunia.Salah satu metode alternatif skrining kanker leher rahim yang dapat menjawab ketentuan - ketentuan tersebut adalah inspeksi visual dengan asam asetat ( IVA ).Pemeriksaan IVA pertama kali diperkenalkan oleh Hinselman, dilakukan dengan cara melihat langsung pada leher rahim yang telah dioles dengan larutan asam asetat 3-5%. Metode : penelitian ini adalah penelitian "deskriptif" dimana jumlah populasi sebanyak 105 Wanita usia subur berusia 24-50 tahun di Desa Rato Rt 09 Bolo, diambil sampel sebanyak 42 responden dengan teknik purposive sampling Hasil : Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kunjungan pada pemeriksaan IVA dengan promosi kesehatan menggunakan media cetak sebanyak (40,5%) dan kunjungan Wanita usia subur pada pemeriksaan IVA dengan promosi kesehatan menggunakan media audio visual sebanyak (59,5, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara promosi kesehatan menggunakan media cetak dengan promosi kesehatan menggunakan media audio visual. Kesinpulan : Terdapat perbedaan tingkat kunjungan Wanita usia subur dengan promosi kesehatan menggunakan media cetak dengan promosi kesehatan menggunakan media audio visual pada pemeriksaan IVA